Beranda > Berita Global > Sekitar 100 Ribu Orang Korut Bersembunyi di China

Sekitar 100 Ribu Orang Korut Bersembunyi di China

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL–Sekitar 100 ribu orang Korea Utara dipercaya bersembunyi di Cina setelah melarikan diri dari tanah air mereka yang dilanda kemiskinan. “Kami memperkirakan bahwa jumlah orang Korea Utara yang meninggalkan Utara dan tinggal di China dapat menjadi sekitar 100 ribu orang,” kata Menteri Unifikasi Korea Selatan Hyun In-Taek pada anggota-anggota parlemen dalam audit tahunan parlemen, menurut kantor berita Yonhap.

Ditanya mengenai laporan-laporan media bahwa pihak keamanan Cina dan Korea Utara akan bekerjasama untuk menangkap para pengungsi itu di Cina, Hyun mengatakan pemerintah Korea Selatan “telah melakukan upaya diplomatik dan akan meneruskan upaya itu” untuk melindungi mereka.

Sebagian besar dari pengungsi itu melintasi sungai perbatasan ke Cina, sejak melarikan diri melintasi perbatasan antar-Korea yang dijaga amat ketat sangat sulit.

Tapi menurut perjanjian dengan sekutunya Pyongyang, Beijing akan memperlakukan orang-orang Korea Utara yang mereka tangkap sebagai migran ekonomi ketimbang pengungsi dan akan memulangkan mereka, tempat mereka dapat menghadapi hukuman keras. Kebijakan itu telah dikritik oleh kelompok hak asasi manusia dan pengungsi.

Sekitar 20 ribu orang Korea Utara telah membelot ke Selatan, sebagian besar melalui Cina, sejak berakhirnya perang 1950-53. Mereka biasanya melakukan perjalanan dengan sembunyi-sembunyi ke negara ketiga, sering di Asia Tenggara, sebelum mencapai Seoul.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: